Advertisement

PERMUTASI dan KOMBINASI




Kali ini saya akan membahas tentang cara menghitung permutasi dan kombinasi yang meliputi pengertian serta rumus dan contoh soal. Serta akan dibahas pula perbedaan antara permutasi dan kombinasi.

Pengertian Permutasi dan Kombinasi

Permutasi adalah banyaknya cara untuk membuat susunan dengan jumlah pada suatu anggota tertentu dari anggota-anggota suatu himpunan.
Kombinasi ialah banyaknya cara memilih anggota pada jumlah tertentu dari dari anggota-anggota suatu himpunan. Atau dengan kalimat lain kombinasi yaitu banyaknya cara membuat himpunan bagian dengan jumlah anggota tertentu dari anggota-anggota suatu himpunan.
Perhatikan gambar berikut yang menampakkan perbedaan antara permutasi dan kombinasi!
Dari ilustrasi gambar diatas jelas bahwa pada peristiwa permuatsi urutan (cara menyusun) diperhatikan sedangkan pada peristiwa kombinasi urutan tidak diperhatikan.

Cermati video berikut ini !



Anda juga dapat mempelajari pada file berikut ini :






untuk lebih memantapkan pemahaman anda silakan simak video berikut ini :






Untuk mengukur pemahamanmu silakan kerjakan kuis berikut :




Posting Komentar

2 Komentar

  1. Blog keren habis mbak...Bagaimana cara memudahkan siswa mengetahui kapan soal atau permasalahan itu pakai kombinasi atau permutasi?

    BalasHapus
  2. untuk membedakan permutasi atau kombinasi dapat dilihat urutannya. jika urutan mempengaruhi hasil maka peristiwa tersebut merupakan permutasi, sedangkan jika urutan tidak berpengaruh kepada hasil maka peristiwa tersebut merupakan kombinasi
    contoh permutasi : pemilihan ketua kelas dan wakilnya dari 5 orang calon.
    contoh kombinasi : pada pembentukan team bola voli dari 10 pemain yang ada.

    BalasHapus

Trimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!