Advertisement

PERSAMAAN LINGKARAN




Setelah sebelumnya kita membahas tentang Permutasi dan Kombinasi kali ini kita akan membahas materi tentang rumus persamaan lingkaran kelas 8, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari pengertian, rumus, bentuk umum, dan contoh soal persamaan lingkaran melalui 2 titik atau 3 titik.



Pada pembahasan kali ini, saya tidak akan membahas tentang benda-benda berbentuk lingkaran, unsur-unsur lingkaran, juga  tidak membahas tentang luas dan keliling lingkaran. Untuk itu simak materi berikut :





Persamaan Lingkaran

Persamaan Lingkaran berpusat di (a,b) dan berjari-jari r dapat ditentukan dengan rumus : 



















Persamaan Lingkaran berpusat di (0,0) dan berjari-jari r dapat ditentukan dengan rumus : 
















Bentuk Umum Persamaan Lingkaran
Untuk lebih memahami materi silakan simak video berikut ini :


Silakan pelajari jaga modul  berikut ini



Setelah mempelajari modul silakan dikerjakan tes berikut :

GUNAKAN TOKEN 123

Waktu Pengerjaan: 45:00 menit!

hasil pekerjaan siswa dapat dilihat disini :

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Keren dan bagus sekali blognya.Motivasi yang diberikan kepada siswa untuk menarik minat belajar persamaan lingkaran?
    Terima Kasih

    BalasHapus
  2. Trimakasih ibu
    untuk memotivasi siswa dalam mempelajari persamaan lingkaran mungkin bisa kita ajak siswa untuk mengetahui manfaatnya belajar persamaan Lingkaran.
    misal kita bisa menyampaikan ilustrasi sebagai berikut :
    Manfaat persamaan lingkaran di kehidupan sehari-hari salah satunya adalah pada penggunaan gear pada sepeda yang mana terhubung pada pedal yang memanfaatkan rumus antar lain garis singgung lingkaran persekutuan luar, keliling lingkaran maupun luas juring lingkaran.

    Penjelasan dengan langkah-langkah:

    Sepeda saat ini telah memiliki banyak peminat, sehingga jenis dan bentuknya cukup bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Salah satu diantaranya adalah sepeda yang memiliki rantai lebih panjang cenderung banyak disukai oleh konsumen daripada yang berantai pendek. Selain karena sepeda berantai pendek akan memiliki tingkat kayuhan yang lebih berat, sepeda rantai lebih panjang juga memungkinkan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa rasa lelah berlebihan. Tentu saja prinsip ini tidak lepas dari hukum-hukum fisika dan juga teori persamaan lingkaran. Berikut penjelasannya:

    Garis singgung persekutuan luar dua lingkaran  -  Gear pada sepeda berfungsi mengatur tingkat kecepatan perpindahan sepeda yang mana dapat diatur oleh pengguna. Pada gear inilah rantai sepeda menempel dan terhubung dengan pedal. Panjang rantai yang digunakan (jika tanpa ada perpanjangan rantai) maka memanfaatkan perhitungan garis singgung persekutuan luar antara gear pada roda belakang dan pada pedal.
    Keliling lingkaran  -  Kemudian untuk pengaturan kecepatan, gear sepeda biasanya memiliki banyak tempat untuk meletakkan rantai, bergantung kecepatan yang mana yang dipilih oleh pengguna. Untuk menghitung setengah bagian gear yang tertutup rantai maka digunakan rumus keliling lingkaran.  
    Luas juring lingkaran  -  Selain fungsi, desain menarik dari sepeda dapat membangkitkan kesan sporty maupun mewah dari sepeda. Salah satu diantaranya yaitu penutup gear sepeda yang memanfaatkan perumusan juring lingkaran untuk mendesainnya.
    Selain sepeda, juga masih banyak aplikasi rumus lingkaran seperti penggunaan radar pada kapal selam, maupun penggunaan mikroskop.


    BalasHapus
  3. Terimakasih bunda.. saya bisa belajar kembali materi ini

    BalasHapus
  4. Sama-sama Bunda.
    Trimakasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  5. Terimakasih bunda infonya..bisa untuk siswa saya jg ini..

    BalasHapus
  6. Trimakasih ibu
    Semoga bermanfaat ibu.

    BalasHapus

Trimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!