Advertisement

Bangga Belajar Bersama Rumah Belajar

Bangga Belajar Bersama Rumah Belajar



Saya seorang guru, ya, saya hanya guru biasa. Namun di kala pandemi datang tanpa dapat terelakkan maka mau tak mau saya harus keluar dari zona nyaman. saya tak mau menjadi guru biasa lagi. saya tak mau menyerah pada situasi dan kondisi. Di sinilah say harus memulai. Dan saya menemukan Rumah Belajar. Meski mungkin agak terlambat bagiku baru mengenal Rumah Belajar sekarang ini, setelah 9 tahun berdiri



Saat ini Portal Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki jumlah pengguna dan pengunjung yang meningkat secara signifikan setelah berdiri selama 9 tahun, tepatnya sejak 2011. Berdasarkan data perhitungan melalului aplikasi Google Statistik yang diterapkan sejak tahun 2014 hingga saat ini jumlah pengguna Rumah Belajar telah berada di angka 14 juta pengguna dengan pengunjung 154 juta pengunjung. Hal tersebut tentunya merupakan pencapaian yang luar biasa sekaligus menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan. 

Lalu, Apasih Rumah Belajar itu? 


Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Portal tersebut memungkinkan penggunanya belajar di mana saja dengan akses konten yang gratis. Setelah sembilan tahun para guru dan pengembang dari pusdatin di Rumah Belajar telah berproses mengelola konten, mengelola portal dan tentunya mendiseminasikan pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan. Rumah belajar merupakan rumah bagi para insan pendidik untuk mengembangkan diri membuat konten edukatif yang dapat dimanfaatkan secara luas oleh siswa di nusantara. Rumah Belajar juga merupakan rumah bagi siswa yang memungkinkan siswa belajar serta mengakses konten secara gratis dimana saja dan kapan saja. 

Rumah Belajar telah mengalami proses perjalanan yang panjang, dan banyak konten yang sudah dihadirkan, fitur yang sudah dimutakhirkan, dan juga fasilitas yang sudah diberikan. 

Jika siswa dapat belajar melalui konten sumber belajar, kelas maya, bank soal, laboratorium maya sebagai fitur utama yang dimiliki portal Rumah Belajar maka para pendidik pun dapat belajar melalui pelatihan salah satunya adalah PembaTIK dengan 4 level. Hasil akhir dari Program pelatihan PembaTIK tersebut adalah lahirnya para duta Rumah Belajar yang akan mengkampanyekan bagaimana TIK ini bisa dimaksimalkan dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Lalu apa manfaatnya bagi saya?







Diawal sudah saya  sampaikan bahwasanya saya adalah guru yang biasa, namun keberadaan rumah belajar dapat mengubah saya, setidaknya saya bangga belajar bersama rumah belajar, saya dapat memanfaatkan fitur sumber belajar sebagai sumber referensi materi ajar. Saya juga dapat memanfaatkan fitur kelas maya yang sangat sesuai digunakan pada masa pandemi karena pembelajaran disekolahku harus dilakukan secara daring.

Dengan menggunakan fitur kelas maya pada portal Rumah Belajar maka aktivitas pembelajaran jarak jauh tetap terkontrol dengan baik, karena melalui fitur tersebut guru sebagai pengelola kelas dapat memonitoring progres belajar siswa dan sekaligus dapat membimbing melalui forum diskusi yang tersedia pada fitur kelas maya tersebut.

Masih tidak ingin mengenal dan memanfaatkan Rumah Belajar ?

Ikuti kisahku selanjutnya dan coba pikirkan kembali ya! 
Kapan lagi dapat belajar dan mengajar dengan asyik dan berkualitas dengan platform gratis kalau tidak sekarang dengan portal Rumah Belajar ?

#PusdatinKemendikbud
#MerdekaBelajar
#NadiemMakarim
#Rumahbelajar
#PembaTIK2020
#GuruBelajarTIK
#Guruberbagi
#Gurupenggerak
#Kemdikbud_RI





Posting Komentar

0 Komentar