Advertisement

MEMBUAT BLOG dengan BLOGER

NgeBlog sudah bukan hal baru lagi pada masa sekarang ini, jadi tidak ada alasan bagi siapapun untuk bilang tidak bisa ngeBlog karena Blog itu sulit. Nge-Blog sesungguhnya tidak lebih sulit daripada menyelesaikan soal kalkulus atau integral, karena siapapun dapat dengan mudah membuat blog tanpa harus menguasai algoritma dan coding secara mendalam. 
sampai saat ini banyak platform blog gratis yang menjadi pilihan alternatif bagi blogger untuk membuat blog. Platform Blog yang terkenal dan paling diminati adalah Blogger atau Blogspot dan Wordpress. namun disini saya hanya akan membahas membuat melainkan blog guru dengan menggunakan engine blogger. Jadi Blog yang akan kita buat nanti adalah dengan adalah menggunakan engine blogger.com. 


Mungkin ada yang bertanya, Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya?

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu:
  1. Mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula,
  2. Lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri,
  3. Custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri (misalkan  seperti blog saya ini awalnya bernama matyul.blogspot.com di ubah menjadi edumathasyik.mapel.xyz ), sedangkan pengelolaan blog tetap menggunakan blogspot gratis, anda hanya perlu membayar biaya domain tiap tahunnya.
Langkah-langkah membuat Blog :
Tahap #1 Membuat Email gmail 
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan buat dahulu di gmail.com, jika anda menggunakan g-suite education pastikan admin domain sekolah anda sudah mengaktifkan fasilitas blogger supaya anda bisa membuat blog menggunakan email g-suite education.

Baca juga :

Tahap #2 Membuat blog di Blogger.com 
1. Silahkan anda buka http://www.blogger.com




2. Masukan email gmail dan password anda:

3. Selanjutnya tuliskan judul blog anda, buatlah judul yang menarik, bisa dengan nama anda, nama mata pelajaran yang anda ampu, atau yang lain, klik tombol BERIKUTNYA.

4. Tuliskan alamat blog yang diinginkan, pastikan alamat blog yang anda tuliskan tersedia, jika muncul keterangan tidak tersedia, anda bisa mengganti dengan nama lain, atau memberi angka atau kata kunci lain sehingga alamat blog anda menjadi unik, sangat disarankan membuat alamat blog yang simpel dan mudah diingat, klik tombol BERIKUTNYA.

5. Tuliskan nama tampilan profil blogger anda, bisa diisi dengan nama lengkap atau nama panggilan anda, klik tombol SELESAI.


Selamat blog anda sudah selesai dibuat, anda sudah bisa langsung melihat blog anda dengan mengklik tombol Lihat Blog dibagian bawah menu sebelah kiri.
















Bagaimana, mudah bukan membuat Blog itu?

Silakan coba dipraktikkan ya!
Salam Bloger

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Ciiihhuuyyy...
    Terimakasih Ibu
    Gak sabar baca yg lainnya tentang blog

    BalasHapus

Trimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!