Advertisement

Mengubah Tema Blog


Pada artikel sebelumnya sudah disampaikan bagaimana langkah membuat blog dengan menggunakan engine blogger.com. 

pada artikel ini kita akan melanjutkan thapan mendesain blog dengan mengubah tema blog kita. untuk mengubah tema kita bisa mengganti dengan templete bawaan Bloger maupun dengan templete dari pihak ketiga. Template/ tema atau tampilan blog ibaratnya pakaian yang dikenakan seseorang, ingin tampil elegan dan keren, atau tampil minimalis itu tergantung orangnya atau pemilik blog.

Adapun langkah menganti templete/tema bawaan bloger adalah sebagai berikut :

#1 Login di blogger.com menggunakan email dan password anda

#2 Pilih menu Tema pada jendela sebelah kanan, 





anda bisa melihat koleksi tema yang disediakan blogger, Scroll ke bawah untuk melihat dan memilih tema yang cocok sesuai selera anda. Jika anda sudah menemukan tema yang anda inginkan silakan klik pilih pada tema tersebut kemudian klik "TERAPKAN".




Pada contoh ini saya memilih tema Sederhana/ Simpel.
Adapun pilihan tema yang senada dengan tema simpel/ sederhana yang cocok untuk blog guru dan bloger pemula adalah sebagai berikut: 

  • Tema Jendela Gambar,
  • Tema PT Keren Sekali,
  • Tema Tanda Air,
  • Tema Kelembutan,
  • Tema Perjalanan

Baca Juga :

Membuat Blog dengan engine Blogger (Blogspot)

Mengubah tema blog dengan templete pihak ketiga

Mengelola Blog (membuat postingan dan halaman)

Mengelola menu dan sub menu

Menambahkan gadget penting


#3. Jika anda menginginkan beberapa perubahan dengan tema simpel sesuai selera, mulai dari warna, model huruf (font), ukuran huruf (font size), background, lebar blog, klik tombol "SESUAIKAN". 
















#4. Mengganti background dengan cara klik Latar Belakang - Ganti gambar - pilih gambar latar sesuai selera. 

#5. Jika anda menghendaki perubahan lewat blog, baik kolom tempat artikel maupun kolom tempat aksesoris blog, 

caranya klik Sesuaikan lebar - silahkan anda atur lebar mulai dari seluruh blog, sidebar kanan, contoh pada panduan ini saya atur untuk lebar keseluruhan blog 960pixel sedangkan untuk kolom tempat aksesoris sebelah kanan (sidebar kanan) saya atur dengan lebar 310 pixel.

Jika tidak muncul pengaturan seperti gambar, itu artinya template blog yang anda pilih tidak support untuk pengaturan lebar baik lebar keseluruhan blog maupun lebar sidebar kiri/ kanan.


Setelah anda berhasil mengganti dan mengatur tema, berikutnya anda bisa memilih pengaturan tata letak blog anda dengan cara klik Tata Letak.


disini anda bisa melihat dan memilih tampilan tata letak, mulai dari tata letak dengan 1 kolom penuh, 2 kolom dengan kolom postingan dan sidebar kanan, dll., silahkan pilih sesuai selera anda, dalam panduan ini saya memilih tata letak nomor 2, yaitu 2 kolom (kolom besar untuk postingan dan kolom kecil sebelah kanan/ sidebar kanan), sedangkan untuk tata letak footer (bagian bawah blog) saya memilih tata letak dengan menampilan 2 kolom dengan lebar yang sama.



Selanjutnya adalah mengatur warna header, jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf pada blog anda, yaitu ada pada menu Lanjutan, anda bisa atur mulai dari Teks Halaman, Latar, Link, Judul Blog, silahkan anda atur bebas sesuai selera anda.


Jika telah selesai mengatur tema simpel bawaan blogger ini, silahkan klik tombol Simpan di pojok kanan bawah. 



 




Terakhir silakan klik tombol kembali untuk dan anda sudah siap melakukan posting artikel anda.

Bagaimana, Mudah Bukan?

Posting Komentar

3 Komentar

Trimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!