Advertisement

Guru Cerdas Harus Nge-Blog

 Apa itu blog?


Guru Ngeblog

Blog yang merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut (wikipedia).

Mengapa Blog?


Karena blog merupakan salah satu media atau sarana yang sangat efektif untuk menampilkan berbagai informasi. Dalam perkembangannya saat ini, blog tidak digunakan untuk menyimpan sebuah catatan harian saja namun lebih dari itu, blog bisa digunakan sebagai media publikasi dan komunikasi yang bisa dilakukan secara interaktif. 

Sejalan dengan Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Guru yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi maka menurut saya, blog mampu mengakomodir semua tupoksi guru ini, meskipun tentu saja tidak semuanya bisa disampaikan secara sempurna.

Perlu dipahami bahwa melalui blog, guru bisa mendidik melalui tulisan-tulisan inspiratif dan edukatif. Melalui blog, guru bisa mengajar melalui media-media interaktif yang dibuat oleh guru atau yang ditampilkan melalui tautan-tautan ke media pembelajaran on-line, yang berisi materi-materi pembelajaran yang ditampilkan melalui media YouTube sebagai contoh. Pun guru bisa melakukan penilaian dan evaluasi melalui blog dengan menautkan soal-soal ulangan atau ujian yang dibuat secara on-line menggunakan Google Drive misalnya. Dan lain sebagainya. Masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dan kemudahan-kemudahan yang masih bisa dimanfaatkan dan dieksplor oleh guru melalui blog ini. 

Namun faktanya dapat dihitung, Berapa guru yang punya blog di tempat anda bekerja maupun belajar? Berapa guru yang aktif dan selalu meng-update blog mereka? Dan berapa banyak guru yang menggunakan blog sebagai media pembelajarannya, walaupun mungkin sudah ada e-learning, akan tetapi tidak menutup kemungkinan guru masih beraktif ria dalam dunia blogging (sebagai bentuk eksistensi diri).

Tentu saja alasan guru yang belum punya blog pun beragam, mulai dari "tidak sempat" hingga "tidak bisa" (tidak bisa bikinnya dan/atau tidak bisa nulisnya), itu semua adalah faktor individu.


Keuntungkan Guru Nge-blog:


1. Sarana Pembelajaran Online

Blog bisa digunakan sebagai sarana untuk diskusi dan komunikasi khususnya untuk mata pelajaran yang diampu. Alangkah repotnya setelah mengajar guru harus melakukan kopi paste file presentasi atau materi yang disampaikan didepan kelas. Blog bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk upload materi, sehingga siswanya kapanpun dan dimanapun mereka sudah bisa mengunduh serta mempelajari materi yang akan disampaikan.


2. Tempat Penyimpanan Data Online

Dengan memiliki sebuah blog maka dengan otomatis seorang guru memiliki tempat menyimpan semua media pembelajarannya. Arsip kegiatan, nilai, foto dokumentasi dan bahkan menyimpan portofolio profesional seorang guru.

3. Membuktikan Professional Guru

Dengan memiliki blog, maka seorang guru memiliki nilai lebih dibanding dengan guru lain. Pemanfaatan media blog dapat meningkatkan kualitas diri dan kompetensi seorang guru. Dengan kekuatan memiliki blog, seorang guru dapat menuliskan apapun tentang kegiatan disekolah seperti menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama siswa, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru-guru yang lain untuk dipraktikkan di kelas mereka. Lebih banyak lagi pemanfaatan blog ini sebagai suatu terobosan baru dalam dunia pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Menguasai IT bagi guru merupakan salah satu tujuan Pendidikan Indonesia agar guru tidak gaptek dengan media informasi online.


4. Menjadi Seorang Researcher (Peneliti)

Saat memiliki blog, seorang guru mulai menulis artikel-artikel pendidikan sampai tentang apa saja yang ia sukai dan pelajari, dan dalam melengkapi tulisannya tentang sesuatu yang baik, benar, dan bermanfaat maka guru tersebut secara tidak langsung dituntut untuk melakukan sedikit research atau penelitian, dalam hal ini cari referensi, baik dari buku, dialog dengan temen, atau yang paling gampang adalah lewat search engine terutama google. 
Nah, di sini blogger guru pasti banyak menemukan hal-hal baru karena membaca dan memahami kemudian ia akan berkembang semakin mengetahui bagaimana melakukan research / penelitian sederhana bahkan singkat lantas merangkumnya dalam sebuah artikel original yang informatif dan berguna untuk orang lain.

5. Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Semakin sering seseorang menulis artikel maka semakin terbiasa menulis. Secara alami pasti akan mencoba menyusun kalimat dan paragraf serta susunan kata-kata sebaik mungkin agar artikel kita menarik, dan nyaman dibaca oleh pengunjung blog. Hal itu secara kontinue akan meningkatkan kemampuan menuangkan isi pikiran dan isi hati dalam bentuk tulisan yang berkualitas.
Bahkan bukan tidak mungkin tulisan di blog kita pada akhirnya dapat menghasilkan karya berupa buku.


6. Membantu Orang Lain

Jika setiap artikel yang kita share berupa konten positif, misalnya : materi ajar, perangkat KBM, media pembelajaran, informasi atau pengetahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain. Semakin berkualitas artikel yang kita muat di blog kita maka akan menarik pengunjung lebih banyak karena mereka merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan tersebut. 
Jadi, dengan menulis artikel-artikel dalam sebuah blog, kita bisa membantu orang lain, menemukan banyak teman dan bukan tidak mungkin kita akan menjadi terkenal melalui tulisan kita tersebut.  

7. Menghasilkan Uang

dengan memiliki Blog seorang guru akan mampu menjalin jejaring komunikasi online, baik itu dengan sesama guru maupun bukan. dan semakin luas jaringan kita maka kemungkinan kita bisa memperoleh rizki lebih tentunya lebih terbuka lebar, mengapa? karena Blog kita bisa menghasilkan uang.
Ya, blog bisa menghasilkan uang ! Bagaimana caranya? 
Dengan memanfaatkan program periklanan yang biasa publisher seperti program Monetize your Website or Blog with BidVertiser atau monetize links dengan bergabung di publisher adfly maka kita akan mendapat penghasilan online melalui blog tentunya. Memang tidak mudah untuk menghasilkan uang melalui blog, namun hal itu juga bukan hal yang mustahil.

8. Sebagai Evaluasi Diri

Karena tulisan kita dapat dikomentari oleh orang dengan berbagai sudut pandang. Tidak hanya dari kalangan akademisi saja. Seperti di komentari oleh Kompasioner kalau di publish di Kompasiana. Dari komentar-komentar itulah kita dapat mengevaluasi bobot tulisan kita, seberepa bermanfaatkah tulisan kita?

9. Sebagai Media Kreasi
Guru juga manusia. Memiliki sisi kreatifitas yang ingin diperlihatkan, dan melalui tulisan inilah guru dapat menuangkan uneg-uneg dan ide-idenya.  Blog bisa dijadikan ajang untuk berkreasi sesuka hati, namun untuk hal-hal yang positif tentunya.



10. Sebagai Unjuk Kompetensi Keilmuan
Dengan brand image yang terbentuk dari blog, akan terlihat jelas kompetensi keilmuan seseorang termasuk guru bloger.


Pertanyaannya, apakah teman-teman guru sudah punya blog?





Posting Komentar

1 Komentar

  1. Setuju dengan artikel tersebut;) makasih bunda guru ;)teruslah berkarya

    BalasHapus

Trimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!