Advertisement

Mengelola Menu BLOG

 Apa Yang membuat pengunjung blog nyaman berkunjung?

Jawabannya tentu saja isian dari blog tersebut yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Namun terlepas dari seberapa menarik dan pentingnya postingan kita di blog tentunya penampilan blog juga memegang peranan yang tidak dapat dianggap remeh. Menu yang secara rinci tertata apik tentunya akan memudahkan pengunjung blog untuk menemukan letak informasi penting yang tengah dicarinya di blog kita.

Pada dasarnya tema sebuah blog sudah dilengkapi dengan tata letak, widget/gadget bawaan dan juga menu bawaan pula, hanya saja terkadang menu yang disediakan kurang sesuai dengan konten yang hendak kita buat. Demikian pula sebagai guru bloger kita perlu menu-menu khusus yang dapat kita gunakan dalam pemanfaatan blog kita sebagai media penyimpanan perangkat pembelajaran maupun sebagai media pembelajaran kita. Untuk itu disini saya akan memberikan sedikit contoh bagaimana mengelola dan menghias menu blog guru menjadi lebih informatif dan interaktif. 

#Memasang Menu Dari Halaman

1. Login blogger.com, Klik Tata Letak - Klik Tambahkan Gadget



2. Klik Tambahkan Gadget - Klik Laman



3. Beri centang pada masing-masing halaman yang akan di terbitkan sebagai MENU. Klik Tambahkan tautan eksternal, jika menu dibuat untuk menghubungkan ke halaman lain/ situs lain, Klik tombol Simpan.




#2. Menambahkan Menu Baru dengan Tautan Eksternal Di Blog

Khusus untuk Tambahkan tautan eksternal, Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. klik Tambahkan tautan eksternal



2. setelah Klik Tambahkan tautan eksternal maka akan muncul jendela untuk pengisian link eksternal, 



silahkan anda isi Judul Laman: isi dengan nama menu yang diinginkan, Alamat web (URL): isi dengan alamat situs, atau link ke salah satu postingan atau mengarah ke label tertentu - Klik Simpan Tautan.


Baca Juga :


#Menambahkan Sub Menu Baru Di Blog

Untuk menambahkan sub menu pada Blog ada 2 cara yang bisa dilakukan, untuk lebih jelasnya silakan simak video berikut :





Nah, demikian tadi apa yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana mengelola menu dan sub menu pada Blog, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar