Advertisement

Saya Mengajar, Harus Terus Belajar (Sebuah Antologi Quick Writing Series #3)

 




Saya Mengajar, Harus Terus Belajar

Oleh: Hikari Yuli



Animo guru pembelajar yang tinggi, membuat Founder kanal SAGUSABLOG Mr. Mung kualahan mengatasi jumlah peserta yang membludak. Sehingga menutup pendaftaran lebih awal. Jumlah 587 peserta ini hampir dua kali lipat dari jumlah peserta pada periode-periode sebelumnya, yang terbatas kurang dari 300 peserta. 

Pembatasan quota peserta ini dimaksudkan agar pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan lebih efektif. Sebab, kegiatan ini hampir setiap pekan membuka pendaftaran. Setidaknya 2 - 3 kali kegiatan dalam sebulan. Oleh sebab itu, pembatasan peserta dibatasi untuk menjaga stamina mentor-mentor kelas yang terlibat dalam kegiatan ini. 

Pada periode ini saya pun menyempatkan diri untuk ikut berpartisipasi menjadi salah satu mentornya. Tentunya ini bukan kali pertama bagi saya berpartisipasi menjadi mentor pada pelatihan SAGUSABLOG, namun begitu selalu ada warna berbeda dan pelajaran berbeda yang saya dapatkan dalam kegiatan ini. Seperti halnya ketika saya mengajar disekolah maka yang pertama saya harus mengenali karakter peserta didik, demikian pula ketika saya menjadi mentor/fasilitator maka saya juga harus belajar mengenali peserta kelas saya. Waktu yang hanya satu minggu tidak untuk menjadi alasan untuk tidak mempelajari kareakteristik peserta. 

Mengenal karakteristik peserta menjadi bagian wajib yang harus dilakukan mengingat peserta yang heterogen baik dari segi usia, latar belakang daerah asal, topografi tempat tinggal yang terkadang masih susah sinyal, sampai mengenali beragam kesibukan peserta untuk menyusun waktu pembimbingan dan diskusi kelas yang tepat. 

Memberikan pelayanan prima dan pembimbingan yang efektif juga membutuhkan setrategi tersendiri. Untuk itu sebagai persiapan awal adalah mengenal lebih dekat peserta, itulah mengapa kelas selalu dibuat satu minggu sebelum pelatihan dimulai agar cukup waktu bagi mentor menganalis karakter peserta di kelasnya dan menghindarkan terjadinya masalah dikemudian hari.

Posting Komentar

0 Komentar