Advertisement

Belajar Lingkaran Dengan Geometri Analitik

 Siapa yang tidak tahu gunung Merapi?

Gunung merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

Gunung Merapi
sumber gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Merapi_mountain.jpg

Sampai saat ini Merapi masih bergejolak dengan memuntahkan guguran lava pijar, abu dan awan panas, serta kerikil. Menjadi pertanyaannya adalah sampai kapan Merapi meletus?

Sejauh ini belum bisa diketahui seberapa banyak supply magma baru. Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, energi letusan Merapi salah satunya dipasok dari kantung magma di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta. 


https://www.bbc.com/indonesia/dunia/2010/11/101105_exclusionzone
Pada saat terjadi letusan Gunung Merapi November 2010, badan pusat vulkanologi menetapkan zona aman sekitar 10 kilometer dari puncak Gunung Merapi, kemudian diperluas menjadi 15 kilometer dan akhirnya diperluas menjadi 20 kilometer ketika terjadi letusan terbaru pada tanggal 4 November 2010.





https://www.bbc.com/indonesia/dunia/2010/11/101105_exclusionzone


Jika kita cermati gambar diatas zona-zona di sekitar Merapi membentuk pola lingkaran. Jika kita memisalkan Merapi sebagai pusat koordinat O (0,0) maka kita akan dapat menentukan persamaan lingkaran merah 1, merah 2, kuning dan biru.



Dengan berbantuan geogebra gambarkan masing-masing lingkaran tersebut, kemudian bandingkan bentuk persamaan yang kamu peroleh!



Posting Komentar

0 Komentar