Advertisement

Integrasi Blog, Youtube, dan Portal Rumah Belajar Dalam Bingkai Blended Learning

Integrasi Blog, Youtube, Dan Portal Rumah Belajar Dalam Bingkai Blended Learning 





Situasi dan kondisi di Indonesia yang sedang bergelut dengan pandemi COVID-19 pada akhirnya memaksa pemerintah mau tidak mau harus mengambil kebijakan pembatasan interaksi sosial guna mencegah penularan COVID-19 berskala nasional. Sejalan dengan hal itu, dalam dunia pendidikan yang juga harus mengikuti himbauan Sosial Distancing maka Kementerian pendidikan dan kebudayaan akhirnya memutuskan untuk memindahkan ruang belajar dari tatap muka langsung di kelas ke Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kemudian dalam pelaksanaan PJJ ini secara tidak langsung menuntut para pendidik untuk meningkatkan penguasaan TIK untuk mampu menyelenggarakan PJJ dengan memanfaatkan berbagai platform yang ada dengan diselaraskan pada model pembelajaran yang sesuai. Tentunya, para pendidik memerlukan pelatihan-pelatihan ekstensif dan intensif untuk dapat menyelenggarakan PJJ secara optimal. Akan tetapi ,pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini tidak memungkinkan untuk menunggu para pendidik selesei mengikuti pelatihan, akibatnya pembelajaran jarak jauh harus tetap berjalan meski dengan sumber daya seadanya. 

Seperti halnya yang terjadi pada diri penulis dan para pendidik di SMAN 1 Pakel Tulungagung, berbekal dengan kemampuan TIK yang terbatas kami dituntut menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh seoptimal mungkin. Oleh karenanya sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh kami melakukan In House Training (IHT) guna bersama-sama mengidentifikasi layanan pembelajaran jauh seperti apa yang akan diberikan kepada peserta didik. Di dalam IHT tersebut kami  mengidentifikasi platform yang memungkinkan untuk di gunakan dalam pembelajaran jauh kami. Kami juga berbagi tentang bagaimana penggunaan platform seperti Flipped Classroom, Kelas Maya, Edmodo dan sebagainya. Dalam IHT itu pula kami dibekali beberapa kompetensi TIK diantaranya : bagaimana membuat soal online dengan menggunakan Google Formulir dan Quizzi. Kami juga dikenalkan dengan berbagai model pembelajaran yang sekiranya dapat di terapkan dalam PJJ di sekolah kami yang notabene merupakan sekolah di pinggiran dengan kelas ekonomi standart ke bawah dan ketersediaan sarana dan prasarana yang terbatas.

Tidak dipilihnya pengguanaan E-Learning dalam pembelajaran yang diterapkan penulis dikarenakan tidak adanya interaksi sosial di dalam E-Learning sementara itu di sisi lain penulis sangat menyadari bahwa dalam proses pembelajaran memerlukan interaksi dua arah apalagi mengingat karakteristik mata pelajaran yang diampu penulis yakni matematika. Setelah mempertimbangkan lebih lanjut maka penulis memilih Blended Learning yang dirasa dapat menjadi solusi untuk masalah tersebut. 

Blended Learning ini memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja menggunakan internet. Peserta didik dapat mengakses materi secara leluasa kemudian dapat belajar secara mandiri karena bahan ajar tersimpan secara online. Antara pendidik dan peserta didik dapat memberikan feedback baik berupa pertanyaan dan saran secara realtime. Sehingga diskusi serta tanya jawab antara pendidik (guru) dan peserta didik (siswa) tidak hanya berlangsung di jam pelajaran namun juga dapat berlangsung di luar jam pelajaran. Guru juga dapat mengontrol apa yang telah dipelajari oleh siswa, sedangkan siswa juga dapat menggali materi yang akan disampaikan dan proses pemberiaan tugas pendukung dapat diinformasikan dengan lebih mudah. Tentunya proses belajar mengajar menjadi lebih efisien dan lebih efektif karena komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dapat terus terjadi bukan hanya saat jam pelajaran.


Selain Itu, Keberadaan Blended Learning yang merupakan strategi pembelajaran dan metode penyampaian materi ajar dengan mengoptimalkan pengalaman belajar bagi peserta didik yang dilakukukan secara sinkronus maupun asinkronus berbantuan teknologi ini juga dapat menciptakan lingkungan belajar positif untuk dapat terjadinya interaksi antara sesama peserta didik maupun peserta didik dengan pendidiknya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Model ini menghindarkan dari kesan peserta didik hanya dibebani oleh tugas dan tugas yang jauh dari hakikat pembelajaran yang sebenarnya. 


Adapun tahapan dalam blended learning ini adalah sebagai berikut :
Blended Learning
 
selanjutnya pendidik disini mengkolaborasikan antara blended learning ini dengan blog guru yang dimilikinya serta kanal youtube serta sumber belajar dari portal rumah belajar dengan syntaks : 

syntaks Blended Learning
1. Seeking of information (Pencarian Informasi)
     Memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi yang relevan dari berbagai sumber informasi. 

2. Acquisition of information 
    Peserta didik diberikan motivasi untuk menemukan, memahami serta mampu mengkomunikasikan kembali dan mengintrepertasikan ide/gagasannya dalam memecahkan masalah.

3. Synthesizing of knowledge
    Peserta didik diarahkan untuk mampu mengkontruksi/merekonstruksi pengetahuan melalui proses asimilasi dan akomodasi bertolak dari hasil analisis, diskusi dan perumusan kesimpulan dari informasi yang diperoleh.

blended Learning
Dalam penerapan blended learning pada PJJ ini, penulis menggunakan blog untuk sharing materi yang didalamnya dilengkapi video pemaparan materi oleh penulis yang ada di kanal youtube penulis. Kemudian p
ada tahapan asinkronus, secara mandiri atau berkelompok peserta didik diberikan kesempatan mempelajari materi tersebut, selanjutnya peserta didik diminta menemukan informasi penting dan mengajukan beberapa pertanyaan baik dikolom komentar blog maupun pada kolom video youtube. Pada tahapan sinkronus, penulis bertindak sebagai guru menjadwalkan kegiatan virtual conference di zoom untuk memberikan feedback berupa ulasan/pembahasan kembali pertanyaan siswa. Siswa dapat memanfaatkan kegiatan virtual conference ini untuk mengintrepetasikan ide/gagasan serta mengkomunikasikan kembali pengetahuannya. 

Penggunaan blog dalam pembelajaran blended learning ini adalah sebagai tools atau media yang memiliki fungsi mulai dari manajemen kelas yakni menjadi tempat update informasi tugas, materi dan pengumuman penting terkait pembelajaran, media diskusi serta blog guru ini juga dapat digunakan memberikan assesment dengan memanfaatkan google formulir. Berikut ini skema pemanfaatan blog dalam blended learning yang dilaksanakan penulis.
Blended Learning dengan Blog

Dalam membuat blog guru ini, penulis bertindak sebagai guru(pengelola kelas) berupaya memenuhi kebutuhan dalam blognya, diantaranya :
  1. Desain/tampilan blog yang menarik, interaktif dan informatif.
  2. Menyajikan Materi yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dalam RPP dengan jelas dan cukup lengkap sebagai sumber belajar.
  3. Memuat media pendukung, pada penyajian materi dilengkapi dengan gambar dan video yang relevan, dalam hal ini selain melengkapi dengan video yang diambil dari kanal youtube penulis juga dilengkapi pula dengan media pendukung yang penulis ambil dari sumber belajar pada portal Rumah Belajar. Contoh penyajian materi dari sumber belajar rumah belajar dapat anda lihat di sini
  4. Mencantumkan topik diskusi untuk menarik siswa mengunjungi blog guru dan turut berperan dalam diskusi
  5. Memuat assesment penilaian dan penugasan disini guru menyiapkan media interaktif yang dapat digunakan sebagai bentuk evaluasi baik itu dalam google formulir maupun multi media interaktif. contoh MPI silakan simak di sini
  6. Memberikan reward guru tak lupa untuk memberikan reward pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan baik.

Berikut ini adalah sebagian dari proses pembelajaran blended learning yang diterapkan penulis dan terdokumentasikan dalam video!



Didalam video tersebut disajikan bagaimana jalannya pembelajaran mandiri, diskusi dalam video conference, juga testimoni peserta didik. 

Seiring dengan pelaksanaan PJJ yang sampai saat ini masih berlangsung, penulis sebagai seorang pendidik juga aktif mengikuti pelatihan terutama pelatihan peningkatan kompetensi TIK guna terus memperbaiki pembelajaran jarak jauh serta melakukan inovasi pembelajaran demi mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh sejatinya harus tetap mengedepankan interaksi dua arah dalam prosesnya, karena sebaik apapun media tanpa peran guru dalam mengarahkan pembelajarannya maka tidak akan mencapai hasil yang optimal. 

Pembelajaran terbaik bukan seberapa banyak kita sebagai pendidik memberi materi pengetahuan namun sejauh mana peserta didik mampu menerima dan memahami pengetahuan tersebut kemudian mampu memecahkan masalah serta membuat kesimpulan yang tepat. Pendidik yang baik bukan yang hanya menuntut peserta didik untuk selalu bisa ini dan itu melainkan berupaya semaksimal mungkin mengarahkan peserta didik untuk mampu menemukan kemampuannya. 
"Mari terus berbenah, berinovasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia bukan untuk menjadi yang terbaik namun untuk memberi yang terbaik yang kita bisa sebagai dedikasi kita seorang pendidik pelopor kemajuan bangsa."
Jangan ragu lagi untuk memulai perubahan, jadikan diri anda bagian  dari guru penggerak yang turut berkontribusi pada kemajuan pendidikan Indonesia, silakan kunjungi  https://www.gurupenggerakindonesia.com

Referensi :



#PGRI
#KOGTIK 
#EPSON
#KSGN

PROFIL PENULIS :

NAMA : YULIATI, S.Pd
Hikari Yuli

Lahir dan besar di Trenggalek Jawa Timur, sarjana kependidikan dari Unesa tahun 2006 ini merupakan guru matematika di SMAN 1 Pakel Tulungagung sejak 2010 sampai sekarang. Sejak kecil menyukai matematika dan menulis. Pada awalnya tak pernah bercita-cita sebagai guru namun kecintaannya pada anak-anak dan matematika membawa jalan hidupnya menjadi seorang pengajar dan pada akhirnya ia pun jatuh cinta pada profesinya hingga berharap dapat mendedikasikan diri dengan memberikan kontribusi positif pada dunia pendidikan. Hobi menulis utamanya untuk genre puisi dan cerpen telah mengantarnya untuk menulis beberapa buku yang telah diterbitkan oleh penerbit indi. Adapun aktivitasnya disamping mengajar dan menulis sampai saat ini  penulis masih aktif berbagi di beberapa kanal pelatihan guru dan MGMP. Keahlian yang dimiliki sebagai modal berbagi adalah pembuatan blog, editing video pembelajaran, pembuatan media interaktif dan lain-lain. Kebahagiaan sekaligus cita-cita terbesarnya adalah dapat berbagi ilmu dan bermanfaat untuk orang lain.





Posting Komentar

136 Komentar

  1. Balasan
    1. Trimakasih ibu πŸ™
      Ibu jauh lebih mantab

      Hapus
  2. Balasan
    1. Trimakasih adiks... Mari terus berkarya n sukses terus untukmu jua

      Hapus
  3. sangat menginspirasi sekali.. luar biasa

    BalasHapus
  4. Sippp... Lanjutkan... Dapat menjadi referensi tambahan... Terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih bu πŸ™
      Hehehe jadi malu 😊

      Hapus
  5. Terus bersemangat tiada kendur walau masa pandemi covid 19 masih menggelayut di dunia, walau dunia pendidikan menerapkan WFH/PJJ/BDR, walau penguasaan TIK yang mumpuni oleh guru, sekali lagi tetap jangan pernah menyerah.Stay steady, stay strong Cher.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Sukses selalu ibu πŸ‘ semoga tetap semangat menebar ilmu 😊

    BalasHapus
  8. Semangat berkarya, Yul. Good job. Semoga semakin maju

    BalasHapus
  9. Semangat terus menebar ilmu yg bermanfaat... Sukses selalu bu��

    BalasHapus
  10. Semangat terus menebar ilmu yg bermanfaat... Sukses selalu bu��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ibu πŸ™... Rindu sekolah 😁

      Hapus
  11. Sukses sobat, semangat mnebar ilmu dan trs berinovasi

    BalasHapus
  12. Mantul dam manji bu sangat brmanfaat
    Dari pak Fahrul

    BalasHapus
  13. Mantul dam manji bu sangat brmanfaat
    Dari pak Fahrul

    BalasHapus
  14. Mantul dam manji bu sangat brmanfaat
    Dari pak Fahrul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih πŸ˜˜πŸ’• bapak juga manjiiiπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  15. Mantab habis... Jd pingin bikin ky gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ibu πŸ™
      Ayo ibu... Kita ngeblog bareng
      Asyik lo bu kita bisa menjadikan sebagai media pembelajaran sekaligus mendokumentasikan pembelajaran kita dan so pasti juga berbagi informasi lewat blog juga πŸ˜πŸ™

      Hapus
  16. Sangat menginspirasi,terus berkarya dan sukses selalu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn
      Trimakasih doa yang sama untuk anda kembali

      Hapus
  17. Pembelajaran yg menyenangkan...blended learning..sngat menginspirasi sekali.ditunggu blog2 yg lainnya b yuliati😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ibu πŸ™
      Yuk belajar berkarya n berbagi πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  18. Ok lanjutkan... Semangat berkarya

    BalasHapus
  19. Sangat menginspirasi, terimakasih sudah berbagi. Semangat terus dalam berkarya dan berbagi ilmu

    BalasHapus
  20. Sangat menginspirasi, terimakasih sudah berbagi. Semangat terus dalam berkarya dan berbagi ilmu

    BalasHapus
  21. Mantull bu yuli, semangat trs, smga sy bs mengikuti jejak jenengan...πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. AamiinπŸ™
      Trimakasih ibu πŸ™
      Mari kita sama2 belajar, berkarya n berbagi

      Hapus
  22. MantapπŸ‘πŸ»
    Sukses terus bu. Semoga bisa menginspirasi banyak orang

    BalasHapus
  23. Mantap lanjutkan untuk berkarya demi masa depan anak bangsa

    BalasHapus
  24. Mantabbb dan bermanfaat... Semoga di musim pandemi ini pendidikan tetap berjalan dengan baik dan lancar dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Rabbal'alamiin
      Maturnuwun ustadzπŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  25. Alhamdulillah..sukses selalu...πŸ™πŸ˜πŸ˜

    BalasHapus
  26. Siap berjuang untuk memberikan yng terbaik. Mantab. Terima kasih BuπŸ˜€

    BalasHapus
  27. Sukses selalu. Semangat...! Lanjutkan...!

    BalasHapus
  28. Mantap bu.yuli, menginspirasi, semoga ada waktu untuk memotivasi dan mengajari ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ibu πŸ™
      Mari kita terus belajar,berkarya dan berbagi tanpa hentiπŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  29. Kerennnnn. Inspiratif sekaliπŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  30. Selamat dan sukses selalu tuk Bu Yuli..
    Lanjukan..dan semangat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ibu... Mari bersama belajar n berbenah memberikan pelayanan terbaik untuk putra putri bangsaπŸ™

      Hapus
  31. Luar biasa... sangat menginspirasi sekali, terlebih belajar matematika di masa pandemi seperti ini...

    Ayo semangat para pendidik di Indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ibu guru hebat ✨😍
      Semoga kita bisa bersama menghadapi pandemi ini dan memberikan yg terbaik untuk putra-putri bangsa πŸ™

      Hapus
  32. Luar biasa, semoga menginspirasi guru2 yg lain dlm pembelajaran dan bisa mencetak siswa yg tangguh. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin πŸ™
      Semoga bisa lebih baik
      TrimakasihπŸ™

      Hapus
  33. Luar biasa tulisannya bu, sangat menginspirasi saya yg juga guru matematika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ibu πŸ™
      Ibu pasti juga bisa lebih keren ibu πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  34. Mantap bu, tulisan yang relevan dengan keadaan saat ini. Semoga selalu semangat dalam berkarya

    BalasHapus
  35. Keren Bu Yuli😍
    Semoga bermanfaat dan memotivasi kami para guru untuk terus berkarya

    BalasHapus
  36. Keren bu..
    Sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  37. Mantap Bu...menarik dan memotivasi
    Salam Kenal :
    https://www.guruataya.com/2020/10/dengan-mpi-omat-pembelajaran-semakin.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih bapak πŸ™
      Alhamdulillah... Salam kenal balik bapak guru hebat
      Senang bisa belajar bersama saling berbagi dan melengkapi

      Hapus
  38. Mantap Bu Yuli... Tetap semangat mencerdaskan kehidupan bangsa..sukses selalu Buu....

    BalasHapus
  39. Aamiin... πŸ™πŸ™πŸ™
    Trimakasih ibu guru cantik, mari kita bersama mendedikasikan diri untuk memajukan pendidikan

    BalasHapus
  40. Sukses selalu mbak kuuuhhh...terus semangat mencerdaskan anak bangsa generasi emas...πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Trimakasih πŸ™ saudariku semoga kita bisa mengemban amanah dengan baik πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  41. Sukses selalu mbakkuuhhh.... semangat terus mencerdaskan anak bangsa..πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin
      Trimakasih saudariku yang senantiasa memberikan suport terbaik untukku πŸ™πŸ™πŸ™
      Semoga kita bisa lebih baik lagi dalam mengemban amanah

      Hapus
  42. Siiipppp Bu Yuli sangat memotivasi. Menarik.. baget

    BalasHapus
  43. Trimakasih jeng...
    Mari belajar bersama πŸ™

    BalasHapus
  44. Mantul...terus berkarya untuk anak bangsa.....

    BalasHapus
  45. Penjelasan yang disampaikan tentang pembelajaran blended learning sudah jelas dan rinci disertai dengan sintaknya juga video pembelajaran yang telah dilakukan. Sukses selalu bu dan terus memberikan inspirasi dalam dunia pendidikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin πŸ™
      Trimakasih ustadzah πŸ™ semoga kita bisa lebih baik dalam menjalankan amanah untuk memberikan pembelajaran terbaik bagi putra-putri bangsa

      Hapus
  46. "secanggih apapun teknologi, apabila peran guru kurang dalam penguasaannya, maka pembelajaran jarak jauh tidak akan mencapai target yang diharapkan. Hal tersebut dikarenakan peran guru adalah modal utama yang dapat membuat pembelajaran berhasil"

    kata ini yang bagus untuk pembelajaran masa pandemi covid-19.
    sukses selalu ibu

    kunjungi blog saya:
    https://maulanaiqbal.site/
    https://iqbalmaulana994.mapel.xyz/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih bapak guruπŸ™
      Semoga kita dapat menjalankan peran kita sebagai pendidik dengan sebaik mungkin πŸ™

      Terus sumangattttt berbenah untuk lebih baik

      Wow skrg blognya udah 2 ya, good job pak πŸ‘πŸ‘πŸ‘ keren keren dan keren

      Hapus
  47. Mantul, sukses terus bu yuli, mau donk diajari

    BalasHapus
  48. Aamiin πŸ™
    Trimakasih ibu
    Mari Belajar bersama ibu πŸ™

    BalasHapus
  49. Balasan
    1. Trimakasih sahabat πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  50. Mantap dan sangat menginpirasi, terus berkarya dan sukses selalu bu yuli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih ibu, semoga kita bisa berbenah menjadi lebih baik

      Hapus
  51. Balasan
    1. Trimakasih bapak πŸ™
      Sukses untuk kita semua

      Hapus
  52. Luarr biasa mbak e.... tetap semangat ya.. semoga selalu menginspirasi...

    BalasHapus
  53. Sukses selalu Bu Yuli, sangat menginspirasi

    BalasHapus
  54. Balasan
    1. Aamiin
      Trimakasih
      Doa yang sama untukmu πŸ™

      Hapus
  55. Mantap Bu tulisannya... Terimakasih telah menjadi inspirasi bagi kami semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...
      Aamiin
      Trimakasih bapak semua berkat bimbingan bapak master DRB πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  56. Balasan
    1. Trimakasih bapak πŸ™
      Bapak juga luar biasa, terus semangat sob... Tunjukkan kita semua bisa πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  57. Aamiin..

    Very inspiring.. Terima kasih..πŸ™
    Terus berkarya Bu demi kemajuan negeri kita Indonesia tercinta.. ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin πŸ™
      Trimakasih ibu suatu kebanggaan tersendiri ibu SRB ini sudi berkunjung, semangat n sukses terus untukmu ibu guru hebat πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
  58. Wooww amazing,semangat dan sukses selalu bu yuli

    BalasHapus
  59. Sangat menginspirasi bagi Bapak Ibu Guru yang lain untuk terus belajar dan bekerja dengan penuh kesungguhan demi tercapainya generasi muda yang tangguh dan mandiri.

    BalasHapus
  60. alhamdulillah bisa ketemu bu guru hebat, banyak insspirasi yang bisa diambil, terimaksih
    https://www.gurusumedang.com/

    BalasHapus
  61. Aamiin
    Trimakasih ibu πŸ™

    BalasHapus

Trimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!