Advertisement

Bunga Google AdSense Mekar Tak Terduga

 "Berapa penghasilan yang sudah ibu peroleh dari nge-blog?" 

Pertanyaan itu, terlontarkan sahabat pada forum bloger melalui salah satu grup sosmed yang kebetulan saya bergabung didalamnya. Mungkin pertanyaan itu awalnya saya anggap tabu. Setahun belajar blog dengan moody yang naik turun, bahkan sudah lama saya meninggalkan aktivitas nge-blog dikarenakan kesibukan di sekolah yang luar biasa menumpuk sebagai efek adanya pemberlakuan pembelajaran jarak jauh yang otomatis menambah beban pekerjaan bagi guru menjadi berkali lipat. Selama setahun belajar nge-blog dan beberapa kali ikut berpartisipasi dalam mentoring kelas blog saya masih tak berani bertanya mengenai penghasilan dari nge-blog.

Sampai akhirnya saya sendiri beberapa kali mendapat pertanyaan tersebut. dari situlah akhirnya saya berani bertanya pada master dan teman-teman saya di komunitas mentor blog pada suatu kanal pelatihan bloger. 

Saya mendapat support dari master dan teman-teman untuk segera mendaftarkan memonetasi blog saya. Awalnya keraguan dan rasa tak percaya diri itu membuat langkah saya maju mundur untuk mendaftarkan akun google AdSense. Belakangan pertanyaan serupa diatas kerap muncul ketika saya diminta bantuan teman untuk membangun blognya. Tak ingin terus-terusan tidak mampu memberikan jawaban pada pertanyaan yang sama akhirnya saya pun benar-benar memberanikan diri mendaftar Google AdSense meskipun sesudah mendaftar keraguan itu datang kembali, pasalnya seorang teman bercerita bahwasanya google AdSensenya baru disetujui setelah 4 tahun lebih dari pengajuannya.

"Saya akan menunggu 2 minggu" Pikir saya dalam hati saat itu karena setiap membuka beranda Google AdSense selalu disuguhi dengan pemberiahuan bahwa pihak Google AdSense sedang menyiapkan situs saya, dan itu mungkin memerlukan waktu beberapa hari sampai dua minggu. Selama dua minggu saya pun hanya bisa posting dan berbagi sambil harap-harap cemas. Saya berdoa semoga tidak sampai 4 tahun atau lebih, karena akan terlalu lama waktu tersebut untuk saya lewati dengan semakin seringnya pertanyaan "Berapa penghasilan yang sudah ibu peroleh dari nge-blog?" membayangi saya. berapa banyak lagi pertanyaan serupa yang akan saya lewatkan tanpa jawaban?


Capture diatas adalah bagian dari tulisan saya pada story sosmed saya yang merupakan bentuk ekspresi dan cara saya dalam memotivasi diri saya sekaligus cara saya menguatkan doa dan harapan. Keyakinan bahwa hasil apa yang kita upayakan tidak akan mengkhianati usaha yang dilakukan, saya tunjukkan dengan terus membuat postingan dan berbagi pada teman-teman yang membutuhkan informasi terkait AKM yang sengaja saya pilih untuk saya angkat di postingan saya, mengingat AKM belakangan memang hangat diperbincangkan dikalangan pendidik dan belum banyak yang paham tentang sejatinya AKM itu apa? 


Tentunya untuk menghasilkan bunga indah seperti diatas memerlukan proses yang tidak mudah. Memerlukan treathment dan konsistensi, ibarat menanam bunga maka perlu disirami dan dipupuk. Menyadari akan hal itu tentunya membangun n mengokohkan diri untuk terus menulis dan berbagi adalah hal yang layaknya diutamakan. Menjaga mood yang naik turun agar lebih konsisten serta memperbaiki tulisan baik dari gaya bahasa maupun kualitas tentunya lebih penting daripada sekedar menghabiskan waktu untuk menunggu kapan Google AdSense akan menyetujui pengajuan akun saya. 

Dua minggu berlalu, seiring banyaknya pekerjaan yang harus saya selesaikan saya pun hampir melupakan hal itu. Baru tersadar kembali ketika tak sengaja membuka email untuk memeriksa tugas dari siswa. Ketika salah satu notifikasi masuk dari Google Adsense sontak membuat saya kaget dan urung memeriksa email tugas siswa. Rasa tak percaya dan puji syukur memenuhi hati dan pikiran saya saat itu. 

Dengan tidak sabar saya pun langsung mengikuti petunjuk langkah selanjutnya dan Alhamdulillah kurang dari satu jam iklan sudah dapat terpasang sekaligus pundi-pundi rupiah beranjak dari angka nol. 


Pada dasarnya hal yang membuat saya merasa bersyukur dan gembira bukan semata dari nominal diatas melainkan akhirnya saya akan mampu menjawab jika esok ada yang bertanya tentang penghasilan saya dari nge-Blog. Saya pun akan bisa menceritakan bagaimana tahapan dari pengajuan sampai harus deg-degan menunggu dengan harapan tidak harus menunggu selama 4 tahun seperti teman saya. Akhirnya saya punya cerita sendiri, itulah yang membuat saya bangga sekaligus bahagia. 

Mungkin penghasilan dari nge-Blog ini relatif sedikit dan lama dibanding dari youtube, jadi bagi kawanku yang menghendaki penghasilan cepat mungkin sebaiknya tidak memilig Google AdSense dari Blog. Munkin kawanku bisa memilih menjadi youtuber dibanding bloger namun juga bisa memilih keduanya, karena antara blog dan youtube sama-sama dapat difungsikan untuk ujuan yang sama yakni berbagi informasi dan keduanya pun dapat dijalankan bersamaan dan dikolaborasikan. 


Bagaimana kawan? Ingin memilih yang mana? Bloger atau Youtuber? ataukah keduanya?

Semua pilihan ada pada diri kita masing-masing dan bunga indah dari google AdSense adalah sebagian kecil dari manfaat berbagi. Selebihnya bonus terbesar akan kita dapatkan bila keikhlasan menjadi landasan utama dalam niat kita berbagi.

Bismillah, semangat berbagi. 

"Sedikit ilmu tapi dibagi ke orang lain jauh lebih besar manfaatnya daripada ilmu yang banyak namun tidak diamalkan"





 





Posting Komentar

0 Komentar